Persiapan Penting Menuju Kabupaten Raja Ampat

05.28
Dikutip langsung dari gorajaampat.com, situs resmi Pariwisata Raja Ampat
Berikut ini kami mencoba membuat daftar beberapa hal penting yang perlu dipersiapkan sebelum menempuh perjalanan ke Raja Ampat.  Persiapan perjalanan ini menjadi penting untuk dilakukan karena banyak hal yang tidak akan kita bisa lakukan dan bisa didapatkan ketika kita telah sampai di Kepulauan Raja Ampat. Ada baiknya bila kita melakukan pemeriksaan ulang atas kelengkapan barang bawaan sebelum kita menyeberang ke kepulauan Raja Ampat dan masih berada di kota Sorong.
Bila kebetulan anda merencanakan perjalanan wisata ke Raja Ampat dalam waktu dekat, ada baikny anda mengeluarkn sebuah catatan dan catatlah bagian ini. Bila anda malas melakukannya anda bisa meng-copy paste bagian ini lalu cetaklah di mesin printer anda. Halaman ini sengaja tidak diberi gambar untuk mempemudah anda melakukan Copy-Paste
Beberapa persiapan penting yang perlu dilakukan:
1. Persiapkan Kamera
Anda boleh lupa membawa pakaian ganti, krim matahari, kaca mata atau topi bahkan mungkin kekasih anda, tapi anda tidak boleh, sekali lagi, anda tidak boleh lupa membawa kamera saat berwisata ke kepulauan Raja Ampat. Lalai membawa sebuah kamera saat berwisata ke Raja Ampat adalah sebuah kelalaian besar yang mungkin membuat anda sangat menyesal dan mungkin tidak bisa memaafkan diri anda sendiri ketika anda pulang dari sana nanti.
Salah satu tujuan kita berwisata ke Raja Ampat adalah untuk melihat dan menikmati keindahan alamnya. Tentunya kita ingin membawa kenangan pengalaman tersebut dan keberadaan kita di sana dengan mengabadikannya di dalam kamera. Jenis kamera yang perlu dibawa sebaiknya disesuaikan dengan tujuan wisata anda. Apa pun kamera anda, pastikan kamera itu berfungsi dengan baik dan jangan lupa mengisi penuh baterai kamera anda sebelum meninggalkan kota Sorong.
2. Sesuaikan Waktu
Jangan lupa untuk menyesuaikan waktu di Jam Tangan dan gadget yang kita gunakan ke waktu lokal  Kota Sorong. Waktu di kota Sorong adalah 2 jam lebih cepat dari Jakarta. Bila anda menyesuaikan waktu di Laptop atau Gadget maka pilihlah time zone untuk kota Tokyo. Hal ini penting agar kita tidak keliru dalam mempersiapkan semua schedule perjalanan. Jangan sampai kita ketinggalan kapal atau pesawat hanya karena kita lalai menyesuaikan waktu pada alat penunjuk waktu yang kita gunakan
3. Membeli Pin Raja Ampat
Tanpa Pin ini wisata kita akan terbatas di kota Waisai dan kepulauan Waigeo dan tidak bisa ke pulau-pulau lain. Ada petugas patroli gabungan di perairan dan di lokasi-lokasi wisata yang akan meminta kita untuk  memperlihatkan Pin ini sebelum kita bisa  melanjutkan perjalanan wisata ke berbagai wilayah  di kepulauan Raja Ampat. Saat artikel ini ditulis Harga Pin Raja Ampat adalah Rp 250.000 untuk wisatawan domestok/lokal dan Rp. 500.000,- untuk wisatawan Internasional. Pin ini bisa anda dapatkan di Kantor Perwakilan dan Information Center Pariwisata Raja Ampat yang ada bagian lobby hotel Le Meridien yang tepat berada di depan Bandar Udara DEO Sorong.
4. Persiapkan Uang
Saat tulisan ini dibuat hanya ada  Bank BRI (BAnk Rakyat Indonesia) yang  memiliki ATM di kota Waisai, ibukota  kabupaten Raja Ampat. Jadi bila kita adalah pengguna jasa keuangan dari bank lain, ada baiknya bila kita segera menuju ATM dan mengambil uang untuk persiapan berwisata ke Raja Ampat selambatnya saat kita masih berada di kota Sorong. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan. Lalai melakukan hal ini bisa menyebabkan kita  menemukan banyak kendala dalam perjalanan wisata kita.
Kami tidak bisa prediksikan jumlah uang yang  pas untuk dibawa oleh setiap orang. Semua itu  sangat tergantung kepada gaya hidup, tujuan wisata  (Fotografi, diving, bird watching dll), jumlah lokasi  wisata mana saja yang ingin dikunjungi, lokasi dan kelas penginapan yang akan kita tempati dan lain-lain.  Perlu diketahui bahwa harga berbagai barang dan kebutuhan sehari-hari di Raja Ampat adalah relatif lebih mahal dibanding harga barang yang sama di kota lain di Indonesia. Hal ini  wajar karena lokasi  wisata kepulauan Raja Ampat yang terpencil  sehingga setiap barang dan kebutuhan yang didatangkan dari daerah lain harus ditambah lagi dengan biaya transportasi.  
Selain hal tersebut di atas, untuk berwisata di kepulauan Raja Ampat tidak ada pilihan lagi bagi kita selain harus menempuh perjalanan dengan speed boat  untuk mencapai berbagai lokasi indah di Raja  Ampat. Biaya sewa speed boat ini adalah bagian  dari biaya yang harus kita persiapkan dalam bentuk uang cash sebelum menyeberang ke Raja Ampat.  Persiapkan uang anda dan gunakanlah dengan bijaksana.
5. Persiapkan Obat-obatan, Perlengkapan dan Peralatan untuk Kebutuhan Khusus.
Bila ada anggota rombongan kita atau anda sendiri  sedang dalam pengobatan yang  mengharuskan mengkonsumsi obat-obatan tertentu secara reguler, maka jangan lalai untuk memperhatikan persediaan obat-obatan tsb. Ada kemungkinan kita akan mengalami kesulitan menemukan obat-obatan khusus jenis tertentu tsb bila kita sudah tiba di kota kabupaten Raja Ampat nanti. Jadi tidaklah salah bila kita berhati-hati dalam hal ini. Carilah stok obat-obatan yang kita perlukan di Kota Sorong, karena kota Sorong adalah kota yang lebih besar dan fasilitasnya relatif lebih lengkap dibanding kota Waisai di Raja Ampat.
Bila anda seorang peneliti, fotografer, penyelam atau orang yang membutuhkan peralatan dan perlengkapan khusus untuk beraktivitas, pastikan semua perlengkapan dan peralatan kita sudah siap  sebelum menyeberang ke Raja Ampat. Buatlah check list untuk memastikan semua peralatan dan perlengkapan yang kita butuhkan sudah siap digunakan. Bila ada sesuatu yang belum kita persiapkan atau terlupa untuk dibawa, sebaiknya carilah sesuatu tersebut di Kota Sorong terlebih dahulu sebelum menyeberang. 
Jika anda seorang pebisnis yang mengunjungi Raja  Ampat untuk urusan pekerjaan dan bertumpu kepada media komunikasi Handphone, Internet dan gadget lain untuk menyelesaikan berbagai masalah pekerjaan, ada baiknya bila kita selesaikan semua urusan yang bisa dan perlu diselesaikan sebelum menempuh penyeberangan. Mengapa demikian? Komunikasi melalui sinyal selular seringkali mengalami gangguan di banyak wilayah  di Kepulauan Raja Ampat. Mungkin tidak terlalu menjadi masalah saat kita berada di kota Waisai karena ada beberapa warnet yang beroperasi di kota tersebut dan komunikasi selular masih bisa dilakukan di sana. Tapi saat kita sedang menempuh  perjalanan antar pulau atau berada di sebuah pulau terpencil, sinyal komunikasi akan seringkali melemah bahkan benar-benar hilang di beberapa lokasi.
6.  Persiapkan Penampilan
Perjalanan wisata ke Raja Ampat adalah perjalanan wisata yang relatif mahal bila dibanding dengan berwisata ke berbagai tempat lain. Karena itu jangan sia-siakan kesempatan wisata anda ke sana dengan pulang membawa kenangan foto atau video yang terkesan biasa saja karena kita lalai memperhatikan penampilan. Pemandangan Raja Ampat yang spektakuler harus diimbangi dengan penampilan yang sesuai. Karena itu persiapkanlah penampilan anda sebaik mungkin.
Sebelum menyeberang ke Raja Ampat tidak ada salahnya bila kita mempersiapkan satu dua stel pakaian berlibur bermotif batik khas papua yang bisa kita dapatkan di beberapa toko di Kota Sorong. Warna dan motif batik khas papua yang berwarna-warni akan menambahkan elemen etnis lokal yang terlihat sangat bagus di hasil foto-foto liburan kita.
7. Kebutuhan Umum
Krim Sunblock, Sunglasses, air mineral dan vitamin adalah beberapa jenis kebutuhan yang bersifat umum yang perlu untuk dibawa. Selain  itu ada sendal hiking, topi, penunjuk waktu, handuk kecil, jaket anti angin dan obat-obatan umum seperti obat flu, obat gosok untuk masuk angin dan obat anti mabuk laut. Perlengkapan lain yang disesuaikan dengan tujuan khusus wisata juga bisa ditambahkan, seperti binocular, GPS device, kamera bawah air, kacamata renang atau alat Snorkling dan baju Renang.
8. Kantong Plastik
Tidak kalah pentingnya untuk mempersiapkan membawa banyak kantong plastik saat kita berwisata ke Raja Ampat. Mengapa demikian? Kepulauan Raja Ampat adalah kawasan cagar alam dan suaka margasatwa laut yang dilindungi kelestariannya. Karena itu tidak diperkenankan bagi kita untuk membuang sampah di sembarang tempat saat kita berwisata di sana.  Simpanlah pembungkus dan sisa makanan, puntung rokok dan sampah lain yang perlu anda buang ke dalam kantong plastik tersebut dan buanglah kantong plastik tersebut di tempat sampah yang ada di penginapan anda. Kesadaran untuk menjaga keaslian dan keasrian kepulauan Raja Ampat adalah tanggung jawab setiap orang yang datang ke sana. Jangan sampai kita menjadi wisatawan yang tidak memiliki wawasan lingkungan dan menjadi perusak lingkungan karena meninggalkan sampah di sana-sini selama berwisata. (wbp)
Previous
Next Post »
0 Komentar